JOB PREPARATION

Posted on Posted in ARTIKEL

 JOB PREPARATION

 

LATAR BELAKANG

Perguruan Tinggi berperan penting dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Mahasiswa merupakan ‘produk akhir’ suatu perguruan tinggi, sehingga kompetensi mahasiswa menjadi ukuran paling objektif untuk menilai keberhasilan perguruan tinggi dalam melaksanakan tugasnya.

Mahasiwa setelah lulus harapanya mudah dalam mendapatkan sebuah pekerjaan, hal tersebut tentunya tidak cukup hanya berbekal niat dan semangat. Perlu adanya kerja keras dan persiapan yang matang agar lebih siap ketika melamar pekerjaan dan meminimalisir kegagalan dalam proses rekruitmen. Ketidaktahuan tentang dunia kerja menyebabkan mahasiswa tidak siap menghadapi dunia kerja setelah mereka lulus yang menyebabkan keterserapan alumni di dunia kerja menjadi rendah.

Tingkat keterserapan alumni di dunia kerja menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk  memberikan kepercayaan kepada perguruan tinggi tersebut, terutama dalam hal pilihan perkuliahan. Perguruan tinggi akan  tersosialisasikan tanpa harus melakukan dorongan  yang massif sekalipun.

Alumni yang sukses dalam kehidupan bermasyarakat dengan mudah dapat memberikan sumbangan berupa apapun baik saran, pemikiran, dan juga pendanaan serta koneksi ke berbagai relasi yang memungkinkan untuk melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi tersebut.  Berbagai lembaga, baik di dalam maupun di luar negeri, juga akan  dengan mudah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi tersebut disebabkan peran para alumninya. Hal ini tentu mendukung perguruan tinggi dalam memenuhi kebutuhan akreditasi.

Perguruan tinggi perlu menggali potensi-potensi mahasiswa sebelum mereka masuk dalam dunia kerja, melalui pelatihan yang dapat meningkatkan kemampuan softskill mahasiswa dalam berkompetisi dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, PT Ciptakarya Bahana Santosa (CBS) mengadakan program pelatihan persiapan kerja berupa simulasi dalam menghadapi dunia kerja yang disertai dengan motivation training dengan metode Neuro-Linguistic Program (NLP) untuk membangun pola pikir positif dan membentuk kepercayaan diri. NPL merupakan program mengelola pola pikir dan perilaku negatif menjadi hal yang positif. Program NLP dapat diaplikasikan dalam berbagai macam aktivitas, bahkan sangat cocok untuk memotivasi mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *